Sabtu, 05 Desember 2020

Sambal Kulit Melinjo


 

Hujan selalu membawa berkah, salah satunya adalah berkah bagi isi rumah dan kulkas. Hahaha… Karena hujan saya tidak bisa pergi kemana – mana, jadi deh gosokan (pakaian yang harus disetrika) yang menumpuk itupun rapih dilemari.

Berkah juga buat si kulit melinjo yang sudah 2 hari belum tejamah untuk dimasak. Hari ini akhirnya dimasak juga. Jadi bersih juga kan kulkasnya. Karena request dari si sulung, saya pun mengolah si kulit melinjo ini menjadi sambal. Gampang loh buatnya.

Oh iya, sebelum kita lanjut ke cara membuat sambal melinjo. Bunda  tahu tidak ternyata kulit melinjo punya banyak manfaat bagi kesehatan loh, Berdasarkan artikel kesehatan yang saya baca manfaat kulit melinjo di dapat karena beberapa kandungan didalamya antara lain: kalsium, fosfor, beta karoten, likopen, mangan, potassium, zink, dan magnesium.

Karena itu ada banyak manfaat kesehatan bagi tubuh jika kita mengkonsumsi kulit melinjo secara wajar. Berikut ini manfaat kulit melinjo yang saya rangkum dari beberapa artikel kesehatan:

1.       Menjaga kesehatan otak

2.      Sebagai anti mikroba

3.      Mengatasi tekanan darah tinggi

4.      Mengatasi anemia

5.      Melancarkan pencernaan

6.      Menjaga kesehatan mata

7.      Membantu pertumbuhan anak

8.     Dsb, lebih lanjut dapat dibaca di https://parenting.orami.co.id/magazine/manfaat-melinjo-untuk-kesehatan/ atau https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698416/intip-segudang-manfaat-kulit-melinjo

 

Setelah tahu manfaatnya bunda gak ragu lagi kan untuk mengolah kulit melinjo sebagai menu dirumah. Yuuk lanjut gimana sih resep keluarga saya mengolah kulit melinjo jadi sambal.

Bahan – bahan yang diperlukan:

1.       Kulit melinjo 1 kantong kresek dari abang sayur

2.      Bawang merah 5 siung

3.      Bawang putih 2 siung

4.      Cabe merah (sesuai selera)

5.      Cabe hijau potong iris sedikit kasar

6.      Terasi (saya pakai terasi ABC, setengah aja/sesuai selera)

7.      Garam

8.     Gula putih/merah

9.      Air asam jawa sedikit (bisa pakai bisa tidak, sesuai selera aja)

Cara membuat:

1.       Cuci bersih kulit melinjo

2.      Iris halus kulit melinjo seperti mengiris bawang

3.      Tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, cabe, tambahkan terasi

4.      Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar, jika sudah layu masukan kulit melinjo yang sudah diiris, cabe hijau iris, aduk sebentar tambahkan air masak sampai air berkurang jika dirasa belum matang atau kulit melinjo masih terasa kaku tambahkan air lagi, masak sampai kulit melinjo terasa layu atau matang, tambahkan garam, sedikit air asam, gula, koreksi rasa. Taraa… sambel kulit melinjopun siap disajikan. Untuk variasi, bisa ditambahkan teri asin gore ng.

 

Selamat mencoba!

 

 

 

#Day6AISEIWritingChallange

 

 

 

 

 

 

 

8 komentar:

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...