Kamis, 03 Desember 2020

Media, Si Gadis Sosial

 


#kamismenulis
#wordschallange
#mediasosial


Media seorang gadis generasi Z. Ia lahir dari keluarga sosial ekonomi yang biasa - biasa saja. Ayah yang bekerja sebagai sopir Taxi dan ibu seorang guru TK di komplek tempat mereka tinggal. Media anak semata wayang, ia merupakan media curahan kasih sayang ayah bundanya. Keduanya begitu menyayangi Media. Banyak hal yang dapat Media pelajari dari kedua orang tuanya. Ayah Media lahir dari keluarga status sosial yang cukup berada, namun semenjak menikah dengan ibu Media yang hanya seorang gadis desa yang modern dalam berfikir, ayah Media sekalipun tidak pernah meminta bantuan kepada kakek nenek Media. Sehingga kehidupan keluarganya amat lah jauh berbeda dengan keluarga besar kakeknya. Sedangkan bunda Media, lahir dari keluarga yang pas – pasan namun selalu memandang positif kehidupan.

Media duduk dikelas 11 peminatan Ilmu Sosial dengan prestasi akademik dan kecerdasan rata - rata. Saat di wawancara oleh guru BK untuk penentuan kelas, Media mengatakan alasannya kenapa ia memilih kelas peminatan ilmu sosial karena ia tidak cerdas, tidak pintar tapi katanya ia ingin belajar ilmu sosial yang lebih, agar ia lebih cerdas secara sosial. Alasan yang cukup membuat guru BK tersenyum dan membathin bahwa Media adalah salah satu ciri siswa yang punya motivasi tinggi untuk belajar karena ia tahu apa yang ingin dipelajarinya. Belajar ilmu sosial. Dan terbukti, kebanyakan para guru disekolah mengamini jika Media salah satu siswa yang memiliki kecerdasan sosial yang cukup baik. Contohnya Media sangat mudah bergaul, percaya diri, sopan, jujur dan memiliki sifat empathy baik dengan orang disekitarnya bahkan dengan orang yang baru dikenalnya.

Sebagai generasi Z, Media sangat lekat dengan media sosial, namun tidak membuatnya kebablasan dalam bermedia sosial. Dengan kecerdasan sosial yang dimilikinya, Media seringkali melakukan kegiatan sosial yang jarang dilakukan oleh gadis seusianya. Satu mimpi Media, ingin jadi bos sampah yang cerdas, alasannya karena ia ingin  menaikan status sosial tukang sampah. Menurut Media, tukang sampah adalah orang – orang hebat dengan jiwa sosial yang tinggi. Mimpinya itu sering ia bagikan di media sosial pribadinya.

 

9 komentar:

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...