Selasa, 01 Desember 2020

Debat

 

Dari beberapa literature yang saya baca, debat adalah sebuah komunikasi mengungkapkan perbedaan pendapat tentang suatu isu secara adu argumentasi antara perorangan atau kelompok. Tujuan berdebat adalah untuk menyampaikan argumentasi mengenai pendapat pribadi/kelompok, dan juga mendengarkan dan menghargai pendapat yang berbeda tersebut namun bukan untuk menghasilkan kesepakatan. Nah, debat ini sering juga saya lakukan di #myclassbeforepandemic. Siswa sangat bersemangat saat melakukan debat ini. Kegiatan ini dapat mengasah critical thinking dan keterampilan siswa. Dalam berdebat sebelumnya saya sudah berdiskusi tentang materi genre teks tertentu (Analytical dan Discussion Text).

 

Prosedur:

Karena debat di #myclassbeforepandemic bukan sebagai ajang perlombaan, saya agak sedikit bergeser dari beberapa aturan debat sesungguhnya seperti jumlah siswa dalam grup dan penentuan “speaker” dikarenakan kelas yang saya bimbing merupakan kelas gemuk dengan jumlah siswa rata – rata 40 siswa.

1.       Sebelum kegiatan, guru membagi siswa kedalam kelompok  6 - 7 orang heterogen.

2.      Guru meminta siswa untuk menentukan siapa saja yang akan jadi 3 org speaker, sisanya menjadi tim pendukung yang akan membantu saat research.

3.      Guru menuliskan beberapa mosi yang berhubungan dengan materi yang dibahas.

4.      Guru mengundi 2 kelompok/tim untuk menentukan tim affirmative ataukah negative.

5.      Debat dilakukan dengan guru sebagai juri utama, dan beberapa siswa sebagai juri.

6.      Guru membatasi waktu berdebat hanya 7 – 10 menit.

 

Sumber: Wia Cuwiarsih. Debat Bahasa Inggris. 2016. Penerbit: Diandra Kreatif : Anggota IKAPI Yogyakarta.

Sumber Foto: www.google.com

 

#Day21NovAISEIWritingChallange

#myclassbeforepandemic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...