Masih #myclassbeforepandemic yaa, kali ini para siswa kita ajak bermain game yang didasari tic – tac – toe game, itu loh game yang menarik garis horizontal, vertical, atau diagonal dari X atau O dalam sebuah grid/kotak.
Game ini dapat dimainkan sebagai kegiatan apersepsi atau penutup, saya mainkan game ini untuk melatih penggunaan preposisi keterangan tempat dan waktu (Bahasa Inggris), sebenarnya boleh materi apa aja ya bisa dikondisikan sesuai dengan materi/mapel . Selain melatih pemahaman materi, kegiatan dalam game ini dapat memotivasi siswa untuk bekerjasama dalam tim dan peer correction /tutor sebaya dimana siswa saling mengoreksi antar temannya. Tujuan permainan ini ( mapel B. Inggris) untuk membuat kalimat yang benar secara tata bahasa dan membentuk baris vertikal, horizontal atau diagonal dari X atau O (tic-tac-toe).
Prosedur:
1. Sebelum kegiatan, guru menyiapkan grid/kotak preposisi, dan kumpulan kata yang di tulis di kertas berbentuk kartu yang telah digunting. Kumpulan kata tersebut nantinya jika digabung akan membentuk sebuah kalimat sederhana. Masukkan kumpulan kata yang berbentuk kartu – kartu ke dalam kantong kecil atau amplop. Jadi satu set permainan ini terdiri dari satu grid dan satu kantong kumpulan kata. Karena itu sesuaikan jumlah grid dan kantong yng berisi kumpulan guntingan kata diatas dengan jumlah kelompok yang sebelumnya telah guru tentukan.
2. Review penggunaan preposisi yang menjelaskan keterangan waktu dan tempat, serta beberapa fixed expressions (unkapan yang memiliki makna sendiri). Guru bisa meuliskan contoh nya dipapan tulis.
3. Satu kelompok terdiri dari 2 – 4 orang siswa heterogen,
4. Setelah masing – masing kelompok medapatkan handout materi game. Permainan dapat dimulai.
5. Tim A (X) Mengambil kartu dari kantong atau amplop, di mana mereka akan menemukan frasa, selanjutnya mereka memilih slot di grid yang berisi preposisi yang menurut mereka akan membentuk adverbial yang benar dengan frasa pada kartu kata yang mereka dapatkan. mereka kemudian membuat kalimat.
6. Jika kalimat yang dibuat tim A dianggap benar oleh semua orang di tim A dan B, maka tim A menandai slot dengan X, jika tidak, artinya tim A tidak mendapatkan poin.
7. Tim B (O) melakukan hal yang sama seperti tim A.
8. Kedua tim bergiliran memainkan game tersebut. Permainan berakhir jika salah satu tim melakukan tic-tac-toe. Tapi jika semua slot telah diambil tetapi tidak ada tim yang melakukan tic tac toe, dalam hal ini akan seri.
Catatan: Jika sebuah tim mengambil kartu yang semua preposisinnya (slot) yang benar telah diambil, mereka memasukkannya kembali ke dalam kantong atau amplop dan mengambil yang lainnya.
Siswa boleh memainkan nya beberapa putaran. Dan setiap kali tim melakukan tic – tac –toe tim tsb mendapatkan score. Ketika sudah selesai, mereka menghitung jumlah poin yang didapatnya dan pemenangnya adalah tim yang nilai poin nya tertinggi.
#Day10NovAISEIWritingChallange
#myclassbeforepandemic
Saya agak bingung permainannya..
BalasHapusNamun saya yakin jika sudah mencoba pasti ketagihan...
Kreatif!!
😁mungkin redaksi saya yg belum pas ya pak..jadi agak rumit ngebayanginnya. Nanti sy coba baca dan edit lg. Terimakasih ya pak
HapusPernah juga mencoba. Anak-anak jd seru
BalasHapusIya bu..klo dgn game..B. Inggris terasa jauuuh lbh mudah kata mereka😁
Hapus