Selasa, 13 Oktober 2020

KETIKA EMAK BERLOGIKA


 

Tanpa mengurangi hormat saya pada para ibu, disini saya mengganti kata ibu dengan emak, saya merasa lebih terikat dengan sebutan itu karena saya adalah EMAK.

 

Sudah hampir dua bulan ini, janda bolong (monstera) dan aglonema sedang banyak diperbincangkan para emak, di kantor, dipasar, di depan rumah, di pokja, di abang tukang sayur pangkalan atau yang lewat, bahkan di depan warung nasi uduk dan di tempat-tempat lain yang jika saya sebutkan satu persatu akan cukup panjang.

Dan dengan keriuhan janda bolong ini, para emak mulai berlogika. Kita lihat yuuk apa aja sih logika emak tentang janda bolong. Tapi sebelumnya kita pahami dulu apa sih logika itu. Secara sederhana, Logika, menurut para ahli adalah kemampuan berfikir yang disampaikan melalui kata dan diungkapkan melalui bahasa. Nah, kemampuan berfikir ini maksudnya kecakapan berfikir atau menalar secara benar dan tepat dengan kata lain fikirannya itu masuk akal atau logis.

Yuk kita nikmati logika logika emak tentang janda bolong dalam ilustrasi percakapan berikut ini!

Emak A:   Tau gak? tetangga ku kemarin janda bolongnya laku di beli orang  sebatang 100 ribu loh, coba itung deh klo dia punya 10 batang janda bolong dalam satu pot, udah berapa tuh untungnya.

Emak B:   Ah, gak percaya aku. Eman toh, uang segitu buat beli kembang kayak gitu doang, belum beli potnya, media tanamnya, belum lagi nyiraminnya kan pake air, airnya dapetinnya nyetekin listrik belum lagi waktu kita kebuang cuman buat ngurusin taneman, mendingan dipake buat ngerjain yang lain kan? Atau mending buat istirahat main sama anak. Belum lagi kalo gak keurus, mati ntar.

Emak C:  Bukannya untung malah buntung ya mbak? Aku sih punya beberapa tangkai janda bolong aja, kalo ada yang minta, ya aku bagi, itung-itung cari pahala nyenengin temen dengan janda bolong.

Emak A:  Nah, salahmu mbak! Kenapa gak dijual aja, kan lumayan, jaman lagi susah gini, kalo saya sih ya, kalo ada orang yang mau beli tuh taneman saya yang di teras bergantungan banyak itu, saya jual. Lumayan kan uangnya bisa buat nambahin beli cabe bawang.

Emak D:  Iya ya, mumpung lagi laku, kalo ada yang nawar, ya lepas aja dulu, laku berapa kek, sisain aja sebatang buat anakan lagi, kalo udah gede ya jual lagi. Kalo masih ada harganya itu juga ya mbak.

Emak A:   Nah, cerdas itu.

Emak E:   Aku juga punya buk, tapi aku lebih seneng kunikmati sendiri. Kata temen ku dikantor juga gitu, harganya lumayan, temen ku beli di tukang kembang aja, se pot yang isinya cuman sebatang masih kecil harganya sampe 50 ribu loh. Tapi aku lebih suka janda bolongku menjuntai di teras rumah ku, buat ngilangin kepenatan ku sepulang kerja.

 

Hayooo.. tentang janda bolong ini, kira –kira logika emak  yang mana yang logis?

 

#Day6AISEIWritingChallange

11 komentar:

  1. Balasan
    1. Daun dalam bahasa jawa adalah RON.
      Pada berlubang, istilah jawanya padha bolong, singkatnya "dho bolong".

      Mestinya Ron dho bolong (Daun pada belubang). Bukan Rondo Kempling, janda tetangga sebelah yang habis cerai hehehehe.

      Hapus
  2. Lagi ngetrend aja.nanti juga ilang sendiri trendnya, sama kaya gelombang cinta dulu atau arwana kalau ikan

    BalasHapus
  3. Karena aku ni Pak D, maka milih Mak D ah.

    BalasHapus
  4. Istriku kepengen banget tanaman ini, tapi belum aku belikan...
    karena yaaa itu... harganya kok buat kantong bolong...

    Saya ikutin aran Pak Mulyono aja, tunggu sampai trend nya hilang, baru tak beli,....

    hehehe Janda Bolong....

    BalasHapus
  5. Kalah janda kembang sama janda bolong sekarang ya Bu..he he
    Mantul Bu tulisannya...

    BalasHapus
  6. Para penggemar bunga, pasti pada kepengen janda bolong ini ya buat koleksinya

    BalasHapus

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...