Rock Bye Baby
Kembali hari ini, saya menulis rekam jejak pembelajaran dalam kelas sebelum pandemic, masih dengan menggunakan media gambar.
Strategi yang saya lakukan menggunakan gambar utuh, dan potongan kalimat yang dimasukan ke dalam amplop secara acak. Kemudian siswa menyusun potongan kalimat menjadi paragraf padu berdasarkan gambar.
Kegiatan ini didasari metode pembelajaran Concept Sentence yang merupakan salah satu pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran ini dapat memunculkan kegembiraan karena belajar dilakukan dengan cara menyenangkan.
Prosedur:
1. Sebelum pembelajaran, guru memperbanyak gambar dan potongan kalimat sesuai dengan jumlah kelompok kecil, 2 atau 3 orang secara heterogen yang telah ditentukan sebelumnya.
2. Guru membagikan lembar kerja berupa gambar dan potongan kalimat acak yang dimasukan ke dalam amplop.
3. Guru meminta siswa berdiskusi untuk mencocokan kalimat dengan gambar yang sesuai agar menjadi paragraf padu.
4. Guru meminta salah satu siswa pada masing – masing kelompok membacakan paragraf padu hasil diskusi kelompoknya.
5. Guru dan siswa berdiskusi menentukan paragraf padu yang tepat.
6. Untuk pemahaman dan kegiatan lebih lanjut, guru dapat meminta siswa menyimpulkan isi cerita berdasarkan sudut pandang sendiri.
Referensi:
Budiyanto Agus K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Students Centered Learning (SCL). 2006 Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Koleksi Pribadi. Kumpulan Comic Strip. Dari Berbagai Sumber.
#Day3NovAISEIWritingChallange
#myclassbeforepandemic
#Day3NovAISEIWritingChallange
#myclassbeforepandemic
Kreatif si Ibu...
BalasHapusLagi rajin gunting2 itu pak😁
BalasHapusMantaap
BalasHapus