Senin, 30 November 2020

Belajar di luar kelas

 

Siswa belajar dalam ruang kelas di sekolah itu biasa, belajar di laboratorium juga biasa dilakukan untuk beberapa mapel tertentu. Namun selain kedua tempat belajar tersebut, guru juga perlu sesekali mengajak siswa untuk belajar di luar ruangan, bisa hanya keluar kelas dan belajar di area sekolah, ke museum, gedung pemerintahan (DPR, MPR, BEJ, dll), bazar, mall, ataupun tempat lainnya yang dapat men encourage siswa dalam belajar di luar ruang kelas. Salah satu kegiatan yang pernah saya lakukan adalah belajar di luar runag kelas dan dihalaman sekolah, murah tapi menyenangkan. Kegiatan ini saya terapkan untuk materi Descriptive Text kelas 11 jenjang SMA.

 

Prosedur:

1.       Sebelum kegiatan, guru dan siswa sudah berdiskusi tentas materi “Descriptive text”.

2.      Guru membagi siswa kedalam kelompok  4 – 6 orang heterogen.

3.      Kemudian guru mengajak siswa keluar ruang kelas dan meminta siswa untuk mengamati area sekolah.

4.      Guru meminta siswa menentukan satu spot (mushola, lab, perpustakaan, kantin, taman, toilet, lapangan, dll) yang ada di area sekolah untuk mereka tulis dekripsinya.

5.      Dengan bimbingan guru siswa berdiskusi dan menulis teks deskripsi tentang spot yang telah merekan tentukan. Masih dilakukan di luar ruang kelas.

6.      Setelah selesai, guru meminta siswa untuk mempresentasikan teks nya didepan kelas. Jika waktu tidak cukup, kegiatan ini dapat dilakukan dipertemuan berikutnya.

 

Sumber Gambar : www.google.com

 

 

 

 

 

 

#Day18NovAISEIWritingChallange

#myclassbeforepandemic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...