Minggu, 18 Oktober 2020

PR Saya

 


Alhamdulillah, hari ini saya dapat menyelesaikan diklat di program belajar masa pandemi COVID- 19 dari kemendikbud.

Di program belajar yang saya ikuti tersebut, banyak pelajaran yang saya dapatkan, antara lain strategi mengajar 5M, praktik baik pembelajaran jarak jauh, dan materi lainnya yang dapat meningkatkan kompetensi saya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada siswa, serta beberapa referensi mengajar yang luar biasa dari guru – guru hebat senusantara.

Dari tahapan yang saya ikuti di program tersebut, secara personal, saya dapat simpulkan, bahwa siswa akan termotivasi untuk belajar baik luring maupun daring jika:

1.      Siswa tahu apa yang akan dipelajarinya.

2.      Siswa paham megapa mereka harus mempelajarinya.

3.      Siswa diberikan kegiatan yang variatif.

4.      Siswa diberikan kesempatan untuk terlibat secara aktif.

5.      Siswa belajar dengan cara yang mereka senangi.

Selanjutnya, jika siswa sudah termotivasi untuk belajar, siswa pun akan belajar efektif jika:

1.      Guru menguasai materi atau mata pelajaran yang diajarkan.

2.      Guru menyediakan sumber belajar yang mendukung.

3.      Guru memberikan feedback secara individu.

4.      Guru melakukan manajemen kelas yang efektif.

5.      Guru menyampaikan instruksi dengan jelas.

Karenanya, bukan seberapa sempurna strategi dan metode yang diterapkan atau bukan seberapa canggihnya media pembelajaran yang di gunakan, yang terpenting adalah seberapa baiknya guru mengenali kebutuhan belajar siswanya. Dan itu merupakan PR besar saya sebagai guru.

 

#Day9AISEIWritingChallange

8 komentar:

  1. Keren Bun..
    Bisa ikut program guru pembelajar..

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah.. Bnyk manfaat belajar dr rumah bljr buk..

    BalasHapus
  3. Betul bu banyak banget..cmn sayang..setelah selesei..sy blm bisa buka lg materinya. 😁

    BalasHapus
  4. "guru mengenali kebutuhan belajar siswanya"

    Dapat PR setelah membaca tulisan ini.
    Terimakasih Bu

    BalasHapus
  5. PR-nya sudah dikerjakan? Ayo dikumpulkan hasilnya biar kita yang angkatan kedua tahu?

    BalasHapus

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...