Pemanfaatan penggunaan TIK dalam pembelajaran merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam metode pembelajaran diferensiasi (CICTT slide, 2012). Seperti penggunaan slides PPT saat guru menjelaskan materi, atau saat siswa menggunakan slides saat menyajikan presentasi hasil diskusi kelompoknya, bahkan penggunaan games digital tertentu untuk mata pelajaran tertentu. Seperti terlihat pada gambar – gambar dibawah ini.
Dapat dipastikan jauh sebelum pandemic, para guru hebat sudah memanfaatkan penggunaan TIK dalam pembelajaran dikelasnya. Dan meskipun saya bukan guru hebat, saya pun menerapkan pendekatan TIK dalam pembelajaran di #myclassbeforepandemic seperti menggunakan slides, video, games (duolingo) dan media TIK lainnya dikelas. Salah satu contoh penerapannya yaitu pada materi Procedure Text (terkait penggunaan teknologi dan kiat – kiat/tips) kelas 12 SMA.
Prosedur:
1. Guru menjelaskan materi Procedure Text dan memberikan contoh – contohnya menggunakan slides PPT.
2. Guru memberikan urutan gambar disertai kalimat penggunaan alat/kiat yang diacak melalui slides PPT dan meminta siswa untuk menjodohkannya secara lisan.
3. Dikegiatan selanjutnya, guru meminta siswa berdiskusi dalam kelompok 3 – 4 orang secara heterogen.
4. Kemudian guru meminta siswa mengamati urutan gambar lainnya, dan meminta siswa menyusun teks prosedur berdasarkan urutan gambar yang diberikan dengan menggunakan bahasa sendiri dan mempresentasikannya dalam bentuk slides PPT.
Sumber Gambar : CICTT Slides, 2012.
#Day16NovAISEIWritingChallange
#myclassbeforepandemic
Tidak ada komentar:
Posting Komentar