Untuk game kali ini, saya mengadopsi model pembelajaran tebak kata dalam 45 model pembelajaran (Budiyanto:2016), yang merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif/ Cooperative Learning. Degan proses kegiatan ini diharapkan siswa menjadi berminat atau tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Kegaiatan ini juga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa untuk teks tertentu dalam mata pelajaran bahasa atau bisa juga dijadikan game apersepsi.
Prosedur:
1. Sebelum kegiatan ini, guru dan siswa sudah berdiskusi tentang kompetensi yang ingin dicapai. Atau bisa juga hanya sebagai apersepsi sebelum kegiatan inti.
2. Guru meminta siswa berdiri berpasangan.
3. Siswa A di beri sebuah flash card/kartu gambar, ditempelkan di topi khusus (buatan sendiri) atau ditempel di stick card holder, tanpa ia boleh melihatnya. Kemudian ia bertanya tentang ciri – ciri fisik dari benda yang ada di gambar.
4. Siswa B hanya menjawab “Yes”, jika pertanyaannya sesuai, dan menjawab “No” jika pertanyaan tidak sesuai. Jika keduanya, siswa B menjawab “maybe/it can be”.
5. Siswa A boleh menebak benda di kartu gambar jika ia merasa sudah dapat menebaknya.
6. Siswa B, bisa berganti peran menjadi siswa A.
Alternatif:
· Bisa saja benda atau kartu gambar disimpan dalam kantong, sebelum terlebih dahulu siswa B melihatnya.
· Jika guru mau, kegiatan dapat dikembangkan menjadi kegiatan menulis tentang benda dalam kartu gambar yang tadi dimainkan (Untuk mata pelajaran bahasa teks tertentu).
#Day7NovAISEIWritingChallange
#myclassbeforepandemic
Dengab menggambar ya.. ide nya boleh juga.
BalasHapus