Senin, 23 November 2020

Comic Strips

 

 



Comic Strips,
sebuah rangkaian atau gambar yang berisi sebuah atau kisah. Pada rangkaian comic strips, ceritanya dapat berisi tentang kisah kisah ringan yang mudah dipahami,  seperti kisah humor, petualangan, fable, dsb. dengan  dialogue ataupun tanpa dialogue.

Di #myclassbeforepandemic, saya juga memberikan pembelajaran yang menggunakan media comic strips. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai macam strategi dan prosedur tergantung materi apa atau goal yang ingin dicapai. Biasanya saya menggunakan media comic strips untuk keterampilan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.

Prosedur:

1.       Guru membagi siswa kedalam kelompok kecil 3 – 4 orang secara heterogen.

2.      Guru memberikan handout berupa foto copy comic strips tanpa dialogue untuk masing – masing kelompok.

3.      Guru meminta siswa mengamati comic strips dan meminta mereka untuk berdiskusi menentukan cerita dibalik comic strips tersebut berdasarkan persepsi mereka. (dengan koreksi dari guru jika diperlukan)

4.      Guru meminta siswa menuliskan dialogue pada masing – masing bubble yang kosong di comic strips yang dimiliki siswa.

5.      Guru meminta siswa saling bertukar comic strips dengan kelompok lain, dan masing – masing kelompok dapat memberikan feedback hasil perkerjaan temannya yang lain.

Variasi lainnya:

1.       Guru meminta siswa untuk menuliskan cerita dibalik comic strips yang didapatnya.

2.      Guru meminta masing – masing kelompok untuk membacakan cerita dari comic strips hasil dari diskusi kelompok mereka.

3.      Siswa/keompok lain menanggapi cerita temannya.

4.      Di pertemuan/kegiatan lainnya guru bisa meminta siswa untuk membuat comic strips  bersama dengan kelompoknya berdasarkan tema yang diberikan guru, bisa digambar atau menggunakan aplikasi tetentu.

 

#Day12NovAISEIWritingChallange

#myclassbeforepandemic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...