Jumat, 23 Oktober 2020

DIY Ilalang Cantik

 

Setelah kemarin buktiin ilalang keringpun bisa naik level dan kata seorang sahabat blogger, bisa “naik tahta” hahaha… kita lihat ya, kalau naik tahta kayak gimana sih rupanya.

Taraaa... 

  

Stunning banget, kan? She is a queen on ambalan hihihii…

Nah, sekarang kita lihat yuuk DIY nya kayak gimana

1.     Pagi – pagi, kalau bisa sebelum matahari mengeringkan embun, kita petik ilalang atau semak yang kira – kira memiliki batang agak keras. Kenapa sebelum kering dari embun? Karena pengalaman saya hasilnya lebih bagus kalau metiknya saat masih agak basah - basah, jadi si ilalangnya belum berubah bentuk.

Ini hasil hunting saya.

 

2.    Setelah itu, kita sortir kira – kira bagian yang mana yang kita pakai dari ilalang dan semak yang kita petik tadi, bisa pakai bantuan gunting yaa untuk menggunting bagian yang menurut kita gak perlu.

Jadi gak hanya tulisan aja yang ada edisi editing hehehe…

3.   Setelah disortir, kita ikat pakai tali raffia. Ngikatnya perkelompok jenisnya. Seperti gambar dibawah ini.

 

4.    Selanjutnya, ilalang yang sudah kita kelompokkan tadi diikat ke gantungan baju dalam keadaan terbalik.

5.    Terakhir gantungkan di tempat terhindar dari matahari. Gantung selama kurang lebih sebulan, makin lama makin bagus.

 

     Jika ingin lebih cepat proses pengawetannya, ilalang tadi bisa disemprot dengan alkohol atau gliserin sebelum digantung. Tapi kalau saya, original aja gak pakai apa – apa. 

      Mudah kan cara mengeringkannya

Selain buat pajangan di rumah, bisa buat oleh - oleh kalau ada kerabat atau teman main ke rumah, atau mau  dikomersilin bisa juga loh. 

Demikianlah DIY ilalang cantik. Selamat Mencoba

 

#Day17AISEIWritingChallange

 

9 komentar:

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...