Selasa, 01 Desember 2020

Literasi Box


 


Budaya literasi akan baik dilakukan sejak dini apalagi sejak usia sekolah. Karena itu saya sebagai guru merasa menanamkan budaya literasi kepada siswa adalah salah satu bentuk tanggung jawab saya sebagai guru. Salah satu yang saya lakukan dengan memperkenalkan kegiatan literasi box. Saya memberikan literasi box seminggu sekali 15 menit diawal pembelajaran sesuai dengan program literasi sekolah yang dilakukan setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran.

 

Prosedur:

1.       Setiap pertemuan jam pelajaran bahasa Inggris, guru membawa box yang berisi novel – novel atau pun bacaan lainnya ke dalam kelas.

2.      Masing – masing siswa mengambil satu novel/buku yang ingin dibacanya, jika dipertemuan berikutnya siswa belum menyelesaikan bacaannya, boleh melanjutkan bacaan sebelumnya.

3.      Setiap kali siswa membaca, siswa mengisi buku laporan literasi yang telah sekolah sediakan.

4.      Diawal bulan, guru meminta seorang volunteer untuk memberikan review/sinopsis tentang novel/buku yang telah selesai dibacanya.

 

Sumber Foto: Dokumen Pribadi

 

 

 

#Day28NovAISEIWritingChallange

#myclassbeforepandemic

1 komentar:

  1. Waaw..inspiratif buk.. InsyaAllah akan saya praktekkan nanti.terimakasih

    BalasHapus

Syair dari kata unik Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memeliki kata-kata unik dan menarik yang jarang di gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika di rangkai dengan kata yang u...